• PITA TOSCA, Little things means a lot




    Kenal pertama grup ini, awal 2015 beberapa bulan pasca divonis Kanker tiroid papiler. Ingat sekali saat itu adalah saat dimana hati berkecamuk tak karuan, pikiran melayang tak bertepi mencari ujung yang entah dimana, diri merasa di titik terendah roda kehidupan, pertanyaan “kenapa” seolah tak henti mewas-wasi hati. Saat dimana pertama kali membaca hasil patologi anatomi. Tulisannya “Papilliary carsinoma thyroid dextra”.

    Setelah segala informasi tentang penyakit itu aku dapat maka selanjutnya yang aku cari adalah bagaimanakah kisah orang-orang yang setakdir denganku menghadapi penyakit luar biasa ini, apalagi tentunya di usia yang masih cukup muda. 22 tahun saat itu.

    Finally, setelah searching sana sini saya temui juga grup terbuka khusus semua gangguan pada tiroid, namanya Pita tosca. Saat itu baru saja diinisiasi. Pita Tosca sendiri awalnya hanya merupakan komunitas kecil yang diinisiasi oleh 2 perempuan muda pejuang kanker tiroid, yaitu mbak Astriani Dwi Aryaningtyas dan mbak Bunga Ramadani. Saya tahu pertama kali dari blognya mbak Tri Wahyuni Zuhri salah satu inspirasi saya juga dalam berjuang dari kanker. Seorang ibu inspiratif yang aktif menulis di berbagai media dan tentunya sudah melahirkan banyak buku. Salah satunya “Kanker bukan Akhir Dunia” – insya Allah saya bahas di artikel selanjutnya- oiya ini blognya mbak yuni http://yunirahmat.blogspot.co.id kalau ingin baca lebih lengkap.  

    Kenapa sih capek-capek nyari info tentang Pita tosca? Okey saya hanya ingin mendapat gambaran dari apa yang saya rasakan, mendapat opsi-opsi atas apa yang harus saya lakukan, serta tidak merasa sesak sendiri atas apa yang menimpa pada diri saya. Finally saya diajak bergabung ke dalam grup percakapan whats app pita tosca #2 saat itu. Luar biasa sekali bisa sharing dengan banyak orang yang ternyata memiliki gangguan yang sama. Di grup ini bisa Tanya-tanya juga ketika ada efek samping terhadap tubuh atas pengobatan yang baru saja kita lakukan. Kemudian yang paling menyenangkan adalah sharing tentang tips-tips yang diberikan oleh sesama anggota grup untuk mengubah pola hidup sehat. Dari mulai kombinasi makanan hingga macam olahraga yang baik untuk dilakukan.

    Saat ini kedua grup Pita tosca digabung dalam satu chat grup totalnya ada sekitar 155 orang dan masih sangat terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung. Oiya grup ini sering juga melakukan meet up serta seminar kesehatan seputar tiroid namun memang lebih banyak di Jakarta ada juga grup pita tosca regional yang suka mengadakan acara di kotanya masing-masing. Tapi sedihnya, di Bandung belum ada ya. Semoga one day segera terinisiasi ya.
    Buka lebih lanjut mengenai pita tosca search :
    https://www.facebook.com/tiroidpitatosca
    atau

    Dari grup ini saya belajar bahwa penyakit bukanlah musibah, penyakit merupakan takdir perantara banyak hikmah dan juga anugerah. Belajar sabar dan syukur. Belajar mengikhlaskan atas titipan yang telah diambil oleh pemiliknya serta belajar menjaga sebaik-baiknya apa yang tengah dititipkan oleh-Nya. Semuanya titipan, masihkah kau merasa kehilangan?

    Salam,
    Senja Januari
  • You might also like

    4 komentar:

    1. assalamualaikum.. mau bertanya, caranya begabung ke grup pita tosca bagaimana ya? saya juga penderika kanker tiroid

      BalasHapus
      Balasan
      1. Waalaikumsalam, mbak bisa join dulu aja di grup facebook: Pita Tosca | Pejuang Tiroid Indonesia disana sudah ada 600an member tergabung :)

        Hapus
    2. Mba, saya mau tanya2 mengenai tiroid bisa hubungi mba via apa ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. boleh mbak silakan hubungi via whatsapp ke no saya 085723553385

        Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Apa?