• Beginilah thyrax menemani hariku

    Euthyrox 100 µg 
    Sudah sebulan tablet putih ini menjadi pembuka hari-hari ku. Setelah tiroidektomi yang aku lakukan akhir Mei 2015 lalu berarti sudah fix sekarang aku harus menjalani hari-hari panjangku tanpa kelenjar tiroid, SAMA SEKALI. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar TERBESAR dalam tubuh manusia. Terbayangkan? Sedih? Jangan kau tanya aku bagaimana rasanya awal aku mendengar vonis dokter dulu. Aku pernah sedih karena manusia, aku pernah sedih karena kegagalan-kegagalan, aku pernah sedih karena dikecewakan, tapi Allah "menamparku" dengan kesedihan yang mampu menghapus semua duka karena dunia. Allah membuatkanku sebuah "sedih" yang membuatku lupa hal-hal semu. Termasuk kamu. Sedih karena harus MENGINGAT MATI. Seketika sirnalah semua sedih atas sebab-sebab yang semu. 

    Ah baiklah, mari move on!
    Baiklah, sudah sebulan tyrax bekerja di tubuhku. Untuk menjamin penyerapan, Thyrax harus diminum ketika perut kosong. Obat-obat yang mengganggu penyerapannya adalah Kalsium, zat Besi dan obat maag. Kalau untukku yang penderita hipotiroid pasca pengangkatan tiroid karena penyerapan makanan oleh lambung bekerja 4-6 jam maka thyrax baru bisa diminum bangun tidur dengan jarak makan terakhir 4-6 jam yang lalu dan baru boleh makan 2 jam kemudian. Penyesuaian dosis kemarin aku dimarahi dokter karena salah cara meminum thyrax ini. Seharusnya ketika aku hendak makan thyrax pukul 04.00 otomatis pukul 22.00 atau 23.00 adalah jam-jam terakhir aku makan. Tapi namanya juga mahasiswi nyekripsi kemarin sempet bandel karena bergadang pukul 01.00-02.00 ngemil kemudian tidur lagi dan bangun pukul 04.00 lalu makan thyrax. Tau gimana respon dokter? Omaygat! hahahaa Don't try this at home. 

    Perlu diingat nih, thyrax ini bukan untuk mengobati tapi untuk melengkapimu. Iya seperti kamu yang melengkapiku #eh. Jangan takut dia akan bekerja seperti obat kimia pada umumnya. Justru bagi pasien-pasien dengan gangguan tiroid yang tidak mampu memproduksi hormon tiroid dengan cukup thyrax jadi bagian penting. Ingat diminum SETIAP HARI. Gak usah sok bandel sok sok kuat hidup sehat tanpa obat. HEY! Realistis aja kalau hidup. Kalau dulu ada kelenjar tiroid yang memproduksi hormon tiroid dengan cukup sekarang kalau sudah diangkat tiroidnya otomatis hilanglah "pabrik" produksi hormon tiroid, lantas dari mana dan oleh siapa hormon itu ada dan bekerja di tubuh? 

    Ikuti anjuran dokter, periksalah secara rutin, rajin-rajinlah menyesuaikan dosis thyrax yang diminum. Kalau awal-awal sebulan sekali. Namun jika setelah cek TSH sensitif ternyata kadar nya sudah baik, dosisnya sudah tepat maka datanglah 3 bulan sekali kemudian 6 bulan sekali untuk mengecek kondisi tubuh. Sebulan setelah minum thyrax dengan dosis 100 µg kemarin, hormon tiroid masih rendah, walhasil euthyrox dengan dosis 100 µg  harus dinaikkan dosisnya. Senin, rabu, jumat, sabtu, minggu minum thyrax dengan dosis 100 µg, selasa dan kamis minum thyrax dengan dosis 150µg. Coba kita cek sebulan lagi ya! Salam sehat :)



    Salam,

    Senja Januari
  • You might also like

    5 komentar:

    1. Kok kita sama ya >_< rasanya berat banget, karena saya cowo -_- semacam merasa kurang berguna ._.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Salam kenal , kita sebagai pejuang tiroid harus tetap semangat... dan yg terpenting adalah kita harus menyemangati diri kita sendiri agar kita tetap kuat walaupun dengan kekurangan ( tanpa kelenjar teroid ). Saya adalah penderita tumor teroid ganas dan sdh menjalani post total teroid sejak November 2012. Saya mulai mengkonsumsi thyrax bulan maret 2013 hingga saat ini. Alhamdulillah berkat tekat kuat saya , saya bisa hidup dan beraktivitas seperti orang2 yg sehat, dan orang2 sekitar ( kecuali keluarga ) tdk ada yg tau klo sebenarnya setiap harinya saya bergantung pada obat thyrax. Semangat selalu Nova Setiawan , Salam sehat.

        Hapus
    2. Hai kak Novan salam kenal, awalnya sebegitu dropnya emang. ya sesama pejuang tiroid mah pasti mengerti. Tapi dengan kita diberi kesehatan dan kesempatan untuk sembuh meski harus bersama thyrax, barangkali hal ini yang jadi pecutan utk jadi orang lebih berguna dengan cara kita. semangat kak! salam sehat!

      BalasHapus
    3. Salam sehat. Hidup ini berkat dari ilahi semoga kita dapat terus sehat menjalani hidup dengan eutyrox.

      BalasHapus
    4. Salam sehat. Hidup ini berkat dari ilahi semoga kita dapat terus sehat menjalani hidup dengan eutyrox.

      BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Apa?